Ornamental Fish Information Service Highlights Forum
Jenis Kelamin kura-kura brazil - Versi Cetak

+- Ornamental Fish Information Service Highlights Forum (http://forum.o-fish.com)
+-- Forum: Terrarium/Paludarium (/forum-8.html)
+--- Forum: Kura-kura, Salamander dan Jenis Amfibi/Reptil Lainnya (/forum-64.html)
+--- Thread: Jenis Kelamin kura-kura brazil (/thread-11920.html)



Jenis Kelamin kura-kura brazil - fLaZh - 04-27-2004 07:05 PM

chelid Tulis:Halo semua,


OK, ini tentang sexual dimorphism pada kura-kura Brasil (Trachemys scripta elegans).

Ada 3 titik identifikasi sexual dimorphism pada T. s. elegans, sbb.:

1. Seperti juga kura-kura lain PADA UMUMNYA, jantan dan betina pada kura-kura Brasil dapat dibedakan dengan membandingkan ukuran panjang ekornya dan jarak antara kloaka (lubang anus) dengan ujung (bukan pangkal! Sori saya tekankan, soalnya lumayan banyak yang mengira ujungnya itu yang nempel ke bagian belakang tubuh kura-kura [kita kenal dengan nama “pantat” Hehehe… :lol: ]) ekor kura-kura.

Pada kura-kura jantan, ekor cenderung lebih panjang dan tebal, dengan letak kloaka mendekati ujung ekor, sedangkan pada betina, ekor cenderung pendek dan sedikit kurang tebal dibandingkan yang jantan. Lihat gambarnya di bawah, yang “A” jantan, dan “B” betina.

[Gambar: 9319chelid1.jpg?6460]

:!: PENTING: Tetapi hal ini tidak berlaku untuk kura-kura yang masih kecil (panjang karapaks < +-8 cm). Pada foto kura-kura peliharaan saya di bawah, mereka memiliki panjang karapaks masing-masing “A” 11 cm, dan “B” 12,4 cm.

2. Juga seperti KEBANYAKAN kura-kura spesies lainnya, jantan dan betina pada kura-kura brasil dapat dilihat dengan membandingkan concavity (kecekungan) plastron/dada dua ekor kura-kura.

Pada kura-kura jantan, plastron mereka cenderung agak cekung, sedangkan pada betina cenderung datar atau malahan sedikit cembung. No matter how much you feed the turtle, if yours is male, the concavity will retains. Lihat gambarnya di bawah, “A” jantan dan “B” betina.

[Gambar: 9319chelid2-med.jpg?401]

[Gambar: 9319chelid3-med.jpg?4080]

:?: INFO: Seringkali concavity pada kura-kura jantan terjadi pada 70% panjang dadanya, tetapi mungkin juga hanya terjadi pada bagian tengah-tengah dada ke bawah (pada daerah lempeng-lempeng abdominal hingga anal, kalo mau tau persis letaknya).

:!: PENTING: Sama saja dengan masalah ekor tadi, tidak akan terlihat kalo masih kecil. Malah titik identifikasi ini butuh waktu lebih lama untuk bisa kelihatan jelas, karena pada kira-kira panjang karapaks 20 cm-an baru jelas. Pada gambar di atas, concavity pada kura-kura jantan (A) baru saja terlihat. Bandingkan dengan “B” yang tidak cekung sama sekali dan malah cenderung agak cembung.

3. Titik identifikasi terakhir sangat khusus, hanya terdapat pada spesies kura-kura dari kompleks Chrysemys-Pseudemys-Trachemys yang berasal dari Amerika Utara (heran? saya juga heran kenapa dinamai kura-kura Brasil padahal Brasil bukan daerah sebaran kura-kura Brasil :roll: ).

Pada kura-kura Brasil jantan, panjang kuku - sebetulnya istilah yang tepat adalah “cakar/claw” – jari tengah dan manis (supaya mudah saya analogikan posisi kukunya dengan posisi jari-jari manusia saja) panjang sekali, kontras dengan yang betina. Lihat gambarnya di bawah ini, yang di atas itu jantan, yang di bawah betina. Lingkaran untuk menunjukkan ekor jantan yang panjang, panah merah untuk menunjukkan cakar jantan, dan panah biru untuk menunjukkan KAKI betina yang sedang terjulur (supaya ga salah sangka ketuker dengan ekornya yang memang ga kelihatan).

[Gambar: 9319chelid4.jpg?1522]

:?: INFO: Gambar di atas bukan kura-kura saya, karena belum cukup umur (belum mencapai panjang karapaks tertentu) untuk menunjukkan perbedaan panjang kuku tersebut. Sama seperti di atas, kalo sudah sekitar 20-25 cm baru lumayan jelas.

OK, itulah sexual dimorphism yang saya tahu pada kura-kura Brasil.

Semoga membantu.

:wa Salam,


Sammy



Re: Jenis Kelamin kura-kura brazil - Gurkhaz - 08-31-2004 04:22 PM

thanx bos sangat membantu sekali...... :wink:


- FajarL - 10-04-2004 10:26 AM

Maaf, saya agak bingung; yang namanya PLASTRON itu apakah bagian keras di bawah badan/dada ? Jika itu yang dimaksud, pada gambar yang dimunculkan soalnya saya tidak melihat perbedaan antara yang betina dan jantan..... kayaknya sama saja koq :cry: :?:


- fLaZh - 10-05-2004 04:31 PM

PLASTRON itu bagian dada..
di gbr ke 2 & 3 itu, tapi emg kurang jelas
jadi klo jantan itu rada masuk ke dalem


- Guest - 03-11-2006 08:34 AM

Good job Boss...


thx - Devkoz - 11-11-2006 02:23 PM

bos... makasih banyak... cuman yang saya tanyakan kalau mau breeding ada yang paham nda?soalnya aya rencana mau breedingin...

kan nanggung udah tau... cowok dan cewek....yang kurang info breeding....apa perlu pasir pantai?(buletannya kaya merica...) atau cukup di akuarium? reply plis....


Re: thx - Guest - 11-13-2006 07:00 AM

Devkoz Tulis:bos... makasih banyak... cuman yang saya tanyakan kalau mau breeding ada yang paham nda?soalnya aya rencana mau breedingin...

kan nanggung udah tau... cowok dan cewek....yang kurang info breeding....apa perlu pasir pantai?(buletannya kaya merica...) atau cukup di akuarium? reply plis....

dtg aja ke tempatku, liat langsung aja kolamnya brazil dan tempat nelornya...


Re: Jenis Kelamin kura-kura brazil - 12345 - 04-20-2009 09:57 AM

yang newbie coba sharing ya kalo setau saya sich kalo mau bredingin sich itu susah mau ditaro di tempat yang alami ngak isa di aqua krn suhu untuk taro telurnya itu kura cukup se tau saya sih begitu tapi untuk lebih lanjut coba tanya ke pakar2 nya aja yah


Re: Jenis Kelamin kura-kura brazil - simon chow - 08-17-2009 06:48 AM

sayang pic nya ga muat mudah2an di set up ama admin nya supaya bisa otomatis kecil gitu pic nya